Friday 21 October 2011

SAP 2000


Perkembangan yang pesat dunia softwere computer, baik softwere teknologi maupun non teknologi sangat dirasakan saat ini. Terlebih lagi untuk softwere teknologi, khususnya softwere untuk teknik sipil. Berbagai macam produk softwere yang telah dikembangkan untuk dunia teknik sipil, seperti: program struktur, geoteknik, jalan raya, manajemen konstruksi dan lain-lain.


SAP 2000 adalah salah satu program yang mengkhususkan pada dunia perhitungan struktur. Pesaing-pesaingnya antara lain, seperti: STAAD, STRUDL, SANS, Microfeap, RISA dan lain-lain. Program-program tersebut berkembang demikian pesat, akan tetapi SAP 2000 tetap mempunyai kelebihan dibandingkan dengan program-program struktur tersebut.


SAP 2000 merupakan softwere penerus dari SAP-SAP sebelumnya seperti: SAP IV, SAP 80 dan SAP 90. SAP 2000 telah dilengkapi dengan fasilitas GUI (Graphical User Interface), yaitu sebuah fasilitas yang memudahkan para pemakai dalam membuat gambar geometri, pembuatan perletakan, pemasangan beban dan lain sebagainya. Dengan demikian para pengguna SAP 2000 dapat langsung melihat apakah model geometri sudah sesuai dengan gambar di kertas atau belum.

No comments:

Post a Comment

MATERIAL PENYUSUN BETON BERTULANG

Penyusun Beton Beton merupakan campuran antara bahan agregat halus dan kasar dengan pasta semen (kadang-kadang juga ditambahkan admixtur...