Monday 24 October 2011

Contoh Manajemen Proyek


Proyek Pembangunan Komplek Perumahan Mewah 300 Unit


A.    PENDAHULUAN
Kegiatan Pembangunan Komplek Perumahan Mewah 300 unit yang waktu pelaksanaannya 20 bulan, untuk mewujudkan pelaksanaan pembangunan ini yang sesuai dengan mutu dan kualitas yang ditentukan serta tepat waktu dan biaya, maka pembangunan tersebut harus dikerjakan secara lengkap, tepat, rinci, akurat sesuai gambar kerja dan RKS dan serta ketentuan- ketentuan teknis yang berlaku.  Untuk itu perlu dibuat metode pelaksanaan kerja yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal dalam menentukan strategi pelaksanaan pekerjaan tersebut. Faktor-faktor yang menunjang keberhasilan pelaksanaan tersebut antara lain :
a.      Faktor tenaga Ahli atau tenaga Profesional
Tenaga ahli disini adalah tenaga ahli baik tenaga ahli teknis maupun tenaga ahli administrasi dan tenaga pendukung lainnya yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tersebut.
b.      Faktor Peralatan
Berupa alat – alat berat maupun alat – alat ringan yang mendukung dan memadai dalam operasional pelaksanaan pekerjaan. Peralatan disini adalah peralatan modern maupun peralatan tradisional yang dibutuhkan.
c.       Faktor Pengendalian Mutu dan Waktu
d.      Faktor Dana dan Material
Faktor dana dan bahan-bahan material sangat diperlukan dalam memperlancar proses pekerjaan. Karena tanpa dana, pelaksanaan pekerjaan tidak dapat dilaksanakan.

B.     HAL – HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Proyek Pembangunan Komplek Perumahan Mewah 300 Unit ini, antara lain :
a.      Menetapkan Organisasi Proyek yang baik dan benar sebagai pedoman dalam koordinasi pelaksanaan proyek sehingga terjadi hubungan kerja yang baik serta mampu menempatkan diri dalam tugas dan tanggung jawab masing – masing.
b.      Mempelajari dan mengoreksi kembali dokumen – dokumen pelelangan (RKS, RAB,Gambar Rencana) agar paham dan mengerti serta mendapat informasi yang akurat sehingga tahu kondisi awal dan batas – batas pelaksanaan proyek.

C.    BAGIAN PEKERJAAN
Proyek Pembangunan Komplek Perumahan Mewah 300 Unit, dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 4 tahap pekerjaan, yaitu:
a.      Tahap pekerjaan persiapan lahan dan konstruksi jalan.
b.      Tahap pekerjaan. bangunan rumah mewah 300 unit
c.       Tahap pekerjaan mekanikal dan elektrikal
d.      Tahap pekerjaan lansekap.

D.    STRATEGI PENYELESAIAN PEKERJAAN
Proyek Pembangunan Komplek Perumahan Mewah yang waktunya 20 bulan, agar pelaksanaan proyek ini berjalan tepat waktu, mutu dan biaya maka, dalam pelaksanaannya diperlukan strategi. Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan strategi ini antara lain:
a.      Organisasi Lapangan
Penyusunan Organisasi yang tepat dimaksudkan agar koordinasi dapat berjalan dengan lancar. Alur kerja yang benar, dan juga masing- masing personil memahami tugas dan tanggung jawabnya dilapangan. Semua personol yang berada dilapangan dikoordinir oleh seorang Site Manager.
b.      Pabrikasi Bahan Bangunan
Untuk mempercepat dan memperlancar pekerjaan agar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan , perlu adanya pabrikasi dari beberapa bahan bangunan. Bahan bangunan yang dapat dipabrikasi yaitu Ready Mix dan Besi Tulangan. Ready Mix dipesan dan dijadwalkan sehingga pada saatnya pengecoran Ready Mix siap dipakai. Besi Tulangan dirakit bersamaan dengan pekerjaan lainnya. Perakitan berdasarkan gambar kerja dan diberi kode- kode tersendiri agar supaya memudahkan pada saat pemasangannya.

c.       Tenaga Kerja
Penyediaan jumlah tenaga kerja harus sesuai(Tenaga Kerja Terampil maupun Tenaga Kerja Kurang Terampil), jika kurang pekerjaan akan tersendat - sendat dan sebaliknya jika terlalu banyak dari segi biaya terjadi pemborosan karena tidak efisien.

E.  PIHAK – PIHAK YANG TERKAIT
Berkaitan dalam hal – hal tersebut diatas maka pihak – pihak yang terkait dalam Proyek Pembangunan Komplek Perumahan Mewah 300 Unit secara garis besar dapat disebutkan :
a.      Owner atau pihak pemilik.
b.      Konsultan Menkon/ Pengawas.
c.       Konsultan Perencana.
d.      Pelaksana/ Kontraktor.
e.       DPU, PLN, dan PDAM
Pihak- pihak yang terkait merupakan suatu organisasi usaha instansi pemerintah yang berbadan hukum. Hubungan antar organisasi - organisasi tersebut sebatas pada kontrak kerja yang telah disepakati antar masing - masing pihak. Dengan demikian secara struktural dapat disusun Organisasi Proyek Pembangunan Komplek Perumahan Mewah 300 Unit sebagai berikut:



4 comments:

  1. Kuliah Mankon iki

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaka,, nie sumber dari bahan kuliah. cekidot kaka!!!! :)

      Delete
  2. Profilnya Cetar badai... cantumin dong pengalaman di BPP.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,, nga brani buat pengalaman kerja dsni cuy.. mnding pengalaman travelling aj ya bro

      Delete

MATERIAL PENYUSUN BETON BERTULANG

Penyusun Beton Beton merupakan campuran antara bahan agregat halus dan kasar dengan pasta semen (kadang-kadang juga ditambahkan admixtur...