Saturday 28 April 2012

Gitar dan Musik Rock


Rock merupakan jenis music yang memerlukan kualitas alat pendukung. Musik ini membutuhkan ‘sustain’ yang cukup tajam dan daya tangkap pick-up yang tinggi sehingga menghasilkan efek-efek yang bermutu.
Jika anda bermaksud membeli gitar yang mampu mendukung kualitas suara yang prima, berhati-hatilah sebelum membeli. Kalau perlu, ajak orang yang mengerti gitar sehingga anda tidak salah membeli, atau setidaknya tahu kelebihan dan kekurangannya.
Gitar rock tidak harus bermodel futuristic-eksotik seperti yang dikeluarkan beberapa merek terkenal, misalnya Gibson dengan model Flying V dan Explorer atau Jackson dengan Randy Rhoads. Namun banyak rocker top dunia memilih model umum bahkan klasik. Sebagai contoh Richie Blackmore memakai Fender, Steve Vai dan Joe Satriani memakai Ibanez, Dimebag Darell (Pantera) dengan Dean.
Yang jelas, sebagai ‘jantung’nya gitar, pick-up (di Indonesia orang sering menyebut Spul) sangat memegang peranan penting. Efek distorsi music rock membutuhkan pick-up yang cukup peka yang akan mempertegas ‘sustain’ sinyal dari senar yang dipetik. Pick-up yang buruk tidak akan membuat efek distorsi bersuara tajam dan bahkan akan membuat cacat suara. Pick-up yang jelek ini banyak beredar di pasaran lokal. Karena itu hati-hatilah memilih. Namun ada beberapa merek gitar local yang sudah menggunakan pick-up cukup berkualitas. Meskipun semua pick-up yang bermutu – yang kebanyakan masih impor dan harganya kini selangit – dapat digunakan untuk ‘nge-rock’, tapi tiap jenis memiliki karakter yang berbeda. Itulah sebabnya banyak musisi terkenal local maupun internasional yang mengganti pick-up asli gitar mereka.
Posisi pick-up di gitar juga sangat mempengaruhi ‘sustain’ suara. Posisi di belakang akan menghasilkan ‘sustain’ lebih besar dan memiliki frekuensi suara lebih tinggi (treble). Itu sebabnya, gitar (baik satu, dua atau tiga pick-up) selalu memiliki pick-up di belakang. Jika anda menggunakan dua atau tiga pick-up, posisi yang paling dekat dengan ‘fingerboard’ cocok untuk bermain rhythm. Jika anda bermain solo dengan warna suara melengking (treble) atau dengan banyak efek (misalnya harmonic), maka lebih tepat jika panel switch anda tempatkan ke posisi pick-up belakang. 
 sumber : Rock Method, Inung K. Arisasangka

No comments:

Post a Comment

MATERIAL PENYUSUN BETON BERTULANG

Penyusun Beton Beton merupakan campuran antara bahan agregat halus dan kasar dengan pasta semen (kadang-kadang juga ditambahkan admixtur...