Thursday 1 December 2011

Membersihkan Program yang Tidak Dibutuhkan Ketika Windows Start-up


Semua program dapat dipilih agar berjalan secara otomatis pada saat Windows start-up. Beberapa freeware dan komersial softwere mempunyai kebiasaan tersendiri, yaitu berjalan otomatis pada saat windows start-up, seperti beberapa jenis program spyware, virus, atau Trojan dari internet akan menginstalasi secara otomatis pada system, kemudian aktif ketika windows sedang loading start-up. Hal ini menyebabkan memperlambat loading windows untuk masuk ke desktop. Anda dapat memilih program yang dibutuhkan untuk dijalankan pada saat start-up dan menonaktifkan program yang tidak dibutuhkan. Langkah-langkah untuk mengatur program start-up sebagai berikut.
  1. Klik Start/Program/Startup.
  2. Kemudian, hapus program yang tidak dibutuhkan pada saat start-up.

Cara yang sedikit berbeda untuk menghapus file yang tidak dibutuhkan pada saat start-up sebagai berikut.
  1. Buka windows explorer, kemudian masuk ke direktori C:\Document and Setting\[user]\Start Menu\Programs\Startup.
  2. Hapus program atau shortcut yang tidak dibutuhkan.

Apabila anda menghapus shortcut dengan cara di atas, aplikasi tersebut tidak akan berjalan lagi ketika start-up. Sebagai catatan, direktori tersebut dapat juda menjadi tempat spywere atau virus. Jadi, ketika anda menemukan file program (bukan short-cut) di direktori ini, biasanya file program tersebut adalah spywere atau virus. Hapus semua file program yang tidak berbentuk short-cut sebagai antisipasi dari serangan virus dan spywere.
Alternatif lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan utility MSCONFIG.
  1. Klik [Start] > [Run].
  2. Ketikkan perintah [MSCONFIG], kemudian tekan [Enter] atau [Ok], program akan menampilkan Window [System Configuration Utility].
  3. Pilih tabs [Startup].
  4. Pilih program yang tidak Anda inginkan pada saat startup dengan cara menghilangkan check-list pada check-box.
  5. Kemudian, pilih [Apply]. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog yang mengonfirmasikan untuk me-restart computer.
  6. Restart komuter Anda. Rasakan perbedaan dari perubahan yang telah dilakukan.
  7. Apabila program yang Anda hilangkan tidak berjalan pada saat computer memasuki Windows, berarti perubahan start-up berjalan sukses.

Beberaoa aplikasi program berjalan secara otomatis. Anda harus jeli memilih program apa saja yang perlu berjalan otomatis atau dinonaktifkan pada saat start-up. Beberapa virus dan spywere, seperti Win32.spybot.worm menampilkan screen-shot sebagai MSCONFIG32.EXE. Sebaiknya, hapus file tersebut karena merupakan resource spywere. Contoh program aplikasi yang tidak dibutuhkan pada saat startup adalah MSN Massenger, Yahoo Massenger, atau program lainnya.

No comments:

Post a Comment

MATERIAL PENYUSUN BETON BERTULANG

Penyusun Beton Beton merupakan campuran antara bahan agregat halus dan kasar dengan pasta semen (kadang-kadang juga ditambahkan admixtur...