Friday 26 August 2011

The Gunners

Siapa yang ng kenal Guns n’ Roses!!!!! Popularitas band yang dibentuk di Los Angeles, California (AS) pada 1985 ini melejit bagai roket ketika merilis albul ‘Appetite for Destruction’ (1987). Debut yang antara lain memuat lagu ‘Sweet Child O’ Mine’,’Paradise City’,’Welcome to the Jungle’ ini tercatat telah terjual sebanyak lebih dari 28 juta keping dan menempati posisi terlaris di Amerika. Kini, penjualan album keseluruhan GN’R diperkirakan sudah mencapai angka lebih dari 90 juta keping di seluruh dunia, termasuk dari album kembarnya, ‘Use Your Illusion I’ dan ‘Use Your Illusion II’ (1991) yang berhasil terjual sebanyak 14 juta keping lebih.

Saat penggarapan ‘Appetite for Destruction’, GN’R diperkuat formasi Axl Rose, Slash, Izzy Sratdlin, Duff McKagan dan Steven Adler. Namun sebelum mengolah album berikutnya, Steven ditendang keluar karena penggunaan narkoba. Penggantinya adalah Matt Sorum, bekas drumer The Cult. Di tengah perjalanan tour promo ‘Use Your Illusion’, Izzy menyatakan mundur. Gilby Clarke, gitaris yang telah dikenal Slash jauh sebelum GN’R terbentuk direkrut untuk menambal kekosongan. Selanjutnya, kibordis Dizzy Reed juga direkrut untuk mengakomodasi perkembangan konsep musik GN’R yang makin melebar. Usai menggarap album yang sepenuhnya berisi lagu daur ulang. ‘The Spaghetti Incident?’, formasi ini bubar dan Axl melenggang sendiri membawa nama GN’R.

Diskografi:
Appetite for Destruction (1987)
GN’R Lies (1988)
Use Your Illusion I (1991)
Use Your Illusion II (1991)
The Spaghetti Incident? (1993)
Live Era: ’87-’93 (1999)
Greatest Hits (2004)
Chinese Democracy (2008)

Sumber: GuitarPlus Edisi59/Februari 2009

No comments:

Post a Comment

MATERIAL PENYUSUN BETON BERTULANG

Penyusun Beton Beton merupakan campuran antara bahan agregat halus dan kasar dengan pasta semen (kadang-kadang juga ditambahkan admixtur...